Rabu, 06 Juni 2012

Ringkasan

1. Organisasi Komputer

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasi dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Seperti Teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kendali. (Wirawan, 2011).

2. Arsitektur Komputer

Aristektur komputer berhubungan dengan atribut-atribut komputer yang terkait dengan seorang programer. Antara lain yaitu Set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamtan, mekanisme input output (I/O). (Wirawan, 2011).

3. Komputer Super

Komputer super atau biasa disebut super komputer adalah sebuah komputer yang andal dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Super komputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC) yangmemimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research. Namun, sekarang ini IBM dan HP juga turut meramaikan pasa komputer super itu sendiri.

Superkomputer banyak digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim, pemodelan molekul, simulasi fisik, analisikrip, dan sebagainya. Militer dan agensi sains juga turut serta dalam penggunaan super komputer tersebut. (Wikipedia, 2011).

4. Teknologi Watson

Teknologi Watson merupakan sistem komputasi yang dikhususkan untuk keperluan tanya jawab yang dibangun oleh IBM. Teknologi ini digambarkan sebagai aplikasi canggih dengan Natural Language Processing, Information Retrieval, Knowledge Representation and Reasoning, dan Machine Learning. Teknologi DeepQA (tanya jawab yang mendalam) IBM tersebut dapat mengumpulkan hipotesis, mengumpulkan bukti, menganalisis, dan menjawab hipotesis seperti halnya yang dilakukan manusia. (Wikipedia, 2011).


Penjelasan Lebih Lanjut


1. Organisasi Komputer Teknologi Watson

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa organisasi komputer merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasi dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer seperti hardware dan perangkat antarmuka lainnya. Jadi secara sederhana organisasi komputer berkaitan dengan hardware atau perangkat keras itu sendiri. Pada komputer yang banyak digunakan masyarakat teknologi dari hardware itu sendiri adalah hardware dengan spesifikasi secara umum yang banyak di pasaran. Namun, berbeda lagi dengan komputer super yang dapat memproses data dengan cepat, yang pasti memiliki banyak hardware dengan spesifikasi yang tinggi untuk menunjang proses itu.

Seperti yang dikemukakan pada wikipedia, teknologi watson yang merupakan komputer super keluaran IBM, memiliki hardware dan perangkat antarmuka lainnya dengan rincian sebagai berikut:

a. IBM Power 750 server sebanyak 90 buah (dilengkapi tambahan input output I/O, node pengendali jaringan dan cluster dalam 10 buah rak) dengan total 2880 POWER7 core prosesor dan 16 terabyte RAM.

b. Setiap Power 750 server menggunakan 3,5 GHz POWER7 dengan 8 core prosesor, dan tiap core terdapat 4 threads.

Prosesor POWER7 tersebut memiliki kemampuan untuk bekerja secara paralel untuk perangkat lunak DeepQA Watson IBM, sehingga dapat disebut sebagai komputer super yang dapat menjalankan tugas yang berat dapat delesaikan dengan mudah dan cepat karena terbagi secara paralel dengan tugas-tugas sendiri.


2. Arsitektur Komputer Teknologi Watson

Setelah membahas tentang organisasi dari watson, tentu ada aristektur komputer yang berhubungan dengan atribut-atribut komputer, yaitu Set instruksi yang digunkan agar komputer super tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Teknologi Watson ditulis dalam bahasa Java dan C++, menggunakan sistem pendistribusian file Apache Hadoop, framework Apache UIMA(Unstructured Information Management Architecture), perangkat lunak IBM's DeepQA, serta sistem operasi SUSELinux Enterprise Server 11. (Wikipedia, 2011).

Hal lain yang perlu diketahui bahwa Watson lebih menggunakan RAM untuk menyimpan konten untuk game, karena RAM lebih cepat dari pada harddisk.


Pada gambar di atas merupakan high-level arsitektur dari IBM's DeepQA yang digunakan pada Teknologi Watson. Sebutan yang tepat untuk komputer ini yaitu komputer kognitif. Arsitektur yang diterapkan yaitu belajar melalui pengalaman, menemukan korelasi, membuat hipotesis, menganalisis, dan memberikan jawaban seperti yang dilakukan manusia. Dengan arsitektur inilah Watson dapat melakukan proses sampai 200 juta halaman konten per detik dan juga mampu memproses data sebesar 500 gigabyte per detik atau setara dengan membaca satu juta buku tiap detik.




-lumajang-
6.6.12

Hoshiora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates