Kamis, 13 September 2012

Kenapa Awan menjadi symbol Internet?

Istilah “Cloud” atau awan berasal dari diagram awal jaringan, di mana citra awan digunakan untuk menunjukkan jaringan besar, seperti WAN . Awan di anggap terkait dengan seluruh Internet.



Selain itu pula terdapat definisi lain dari arti awan untuk internet yaitu seluruh peralatan komunikasi dan networking yang ada di luar topologi milik user dan terkoneksi dengan topologi yang milik user.

Menurut salah satu sumber, Istilah “awan” digunakan sebagai metafora untuk internet, berdasarkan gambar awan yang digunakan di masa lalu untuk mewakili jaringan telepon, dan kemudian untuk menggambarkan Internet dalam diagram jaringan komputer sebagai abstraksi dari infrastruktur yang mendasarinya mewakili.


Bagaimana Cara kerja Internet sehingga dapat mendeteksi sebuah situs (contoh www.google.com)?

Dalam sebuah proses pengiriman paket data, sebuah komputer pengguna (client computer) harus terhubung terlebih dahulu ke sebuah server agar bisa terhubung ke jaringan internet. Tugas server adalah mengatur akses serta mengirimkan paket-paket data dari dan ke internet. Yang menghubungkan komputer pengguna dengan server adalah protokol.

4 layer (lapisan) utama pada protokol TCP/IP, yaitu Application layer, TCP layer, IP layer dan hardware. Tahapan-tahapan yang terjadi pada protokol TCP/IP yaitu:

1. Pesan yang bersangkutan akan memulai perjalanan dari Application layer dan melanjutkannya ke TCP layer. Setiap paket akan diberi nomor port. Protokol harus tahu di komputer tujuan program mana yang akan menerima pesan, itulah sebabnya paket dilengkapi dengan nomor port.


2. Setelah melalui TCP layer, paket akan melanjutkan perjalanan ke IP layer dimana setiap paket akan menerima alamat tujuan, yaitu 62.34.22.75 (google.com - berdasarkan contoh).


3. Kini paket pesan anda telah memiliki nomor port dan IP address serta siap untuk dikirim melalui internet. Sedangkan hardware layer akan mengubah paket yang awalnya berisi teks abjad ke sinyal elektronik untuk kemudian mengirimkannya melalui saluran telepon.


4. Di ujung lain saluran telepon, ISP anda telah memiliki koneksi langsung ke internet. Kemudian router ISP akan memeriksa alamat tujuan pada setiap paket data serta menentukan akan dikirim ke mana paket yang bersangkutan tadi. Untuk menentukan IP yang menjadi target, biasa dipergunakan system DNS (Domain Name Server) yang berfungsi untuk merubah nama dari berbentuk huruf (A-Z, -, 0-9) menjadi data berbentuk angka.


5. Akhirnya, paket akan sampai di komputer tujuan, yaitu komputer dengan IP address 62.34.22.75. Disini, paket-paket akan mulai melakukan perjalanan pulang. Selama perjalanan pulang, semua data-data routing (seperti IP address dan nomor port) yang disertakan sebelumnya akan dilucuti dari paket.


6. Saat data tersebut sampai pada application layer, maka paket telah berubah kembali ke bentuk aslinya, yaitu tampilan google.


Sumber Rujukan

http://ahlikompie.com/cara-kerja-internet-375.html diakses tanggal 13 septeber 2012
http://chapila.com/internet/pengertian-cloud-dan-cloud-komputer-pada-jaringan-internet.html#ixzz26IAehav8 diakses tanggal 13 september 2012
http://zweimesserschmitt.wordpress.com/2012/02/22/pengertian-dasar-cloud-computing/ diakses tanggal 13 september 2012
http://uchihatech.wordpress.com/page/2/ diakses tanggal 13 september 2012


-malang-
13.09.2012

Hoshiora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates