Selasa, 13 November 2012

Cara memilih Switch dan Router yang baik yaitu :

A. Switch

Sebuah switch menerima frame dan me-regenerate setiap bit dari frame tersebut untuk port tujuan yang sesuai. Perangkat ini digunakan untuk men-segmen sebuah jaringan ke dalam beberapa collision domain. Sebuah switch LAN juga dapat digunakan untuk mengkoneksikan segmen-segmen jaringan yang berbeda kecepatannya. Secara umum, switch merupakan perangkat pilihan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat ke sebuah LAN.



Faktor yang harus di perhatikan dalam memilih Switch yaitu :

a. Biaya

Biaya dari sebuah switch ditentukan oleh kapasitas dan fiturnya. Kapasitas switch tersebut meliputi jumlah dan jenis port yang tersedia dan kecepatan switching nya. Faktor-faktor lain yang berdampak biaya adalah kemampuan manajemen jaringannya, teknologi keamanannya, dan teknologi switching yang canggih.

b. Kecepatan dan Jenis Port / Interface

Menggunakan perangkat layer 2 dapat meningkatkan kecepatan jaringan. Saat memilih switch, keputusan pentingnya terdapat pada jumlah dan jenis port yang akan digunakan.

Desain jaringan yang baik harus bisa mengkombinasikan kelebihan Router dan Switch pada setiap bagian dalam jaringan sefleksibel mungkin. Misalnya, untuk pemilihan Switch dalam jaringan kampus harus menghasilkan keuntungan berikut:

- High bandwidth
- Improved performance
- Low cost
- Easy configuration

B. Router
Saat memilih router, harus dicocokkan karakteristik router dengan tujuan-tujuan yang sesuai. Mirip dengan switch, biaya, jenis interface dan kecepatannya menjadi factor pertimbangan. Faktor-faktor tambahan dalam pemilihan sebuah router meliputi:

1. Expandability

Perangkat jaringan, seperti router dan switch, harus mempunyai konfigurasi fisik yang tetap dan termodul. Sejak router digunakan untuk menghubungkan nomor dan jenis jaringan yang berbeda-beda, pemilihan modul-modul dan interface yang sesuai untuk media khusus harus diperhatikan

2. Fitur Sistem Operasi

Tergantung pada versi sistem operasi, router dapat mendukung fitur dan layanan tertentu seperti:

- Keamanan
- Kualitas Layanan (QoS)
- Voice over IP (VoIP)

Untuk pemilihan perangkat, anggaran merupakan pertimbangan yang penting. Router harganya mahal berdasarkan pada interface dan fitur yang diperlukan. Modul tambahan, seperti serat optik, dapat meningkatkan biaya meskipun dengan kualitas lebih baik. Hal ini harus dipertimbangkan supaya biayanya minimum.

3. Media

Pemilihan media sangat penting untuk membuat koneksi pada LAN atau WAN, maka dari itu diperlukan pertimbangan berbagai jenis media yang dipergunakan.

Untuk pemilihan Router dalam jaringan kampus harus menghasilkan keuntungan berikut:

- Broadcast firewalling
- Hierarchical addressing
- Communication b etween dissimilar LANs
- Fast convergence
- Policy routing
- QoS routing
- Security
- Redundancy and load balancing
- Traffic flow management
- Multimedia group membership


  Daftar Rujukan

http://www.scribd.com/doc/87409563/Week7-Internetworking
Agus, Nugroho. 2010. Dasar-dasar Desain Jaringan.pdf

Hoshiora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates