Minggu, 30 Desember 2012

Yapp.. Welcome Desember dan juga Good Bye Desember (Gini nih kalo postingan pertama ada di akhir bulan -___-"). Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang menarik minat saya akhir-akhir ini... Apakah itu?? dari judulnya mungkin semua udah pada tahu. Yaap.. That is Linux.. OS yang Open Source.

Well... Kenapa saya tertarik untuk lebih mengenal Linux. Hemm.. ini mungkin karena mendapat sedikit pencerahan dari seorang teman yang terlebih dulu memaki OS ini. alkisah ada seorang putri.. eh.. kok malah mendongeng jadinya -___-. Back to the topic. initinya ini bermula saat saya dengan tanpa sengaja (atau sebenernya sengaja) bertanya tentang alasan teman saya itu memakai linux. karena setahu saya, di kelas saat itu hanya dia seorang yang dengan setia tetap memakai linux, sedangkan semua anak memakai windows yang notabene emang udah sangat user friendly banget nget nget (alay mood on) sama dunia kita.

Saat itu, saya penasaran banget. kenapa sih dia kok keukeuh pake linux, secara yang saya tahu, meski linux itu open source aka gratis tapi kan jarang yang pake dan kayaknya sulit pengoperasiannya.


dan tahu jawabannya, cukup simple.. intinya dia bilang 'kalo ada yang bener, kenapa harus pake yang gak bener'.. woww.. jawaban yang bikin saya mikir itu... setelah perenungan yang dalam (padahal juga gag dalem2 amat) saya jadi ngeh, ternyata maksudnya gini. linux dan sekutunya itu kan open source aka gratis jadi kita bebas untuk dunlud dan menggunakannya. beda halnya dengan windows yang berbayar. kalo kita mau pake, kita bayar hak ciptanya dan hak cipta windows ini dapat dikatakan mahal lah, sehingga kita seringkali pake yang bajakan. coba cari di google pasti banyak kan os windows ataupun aplikasinya yang sudah ada crack atau keygennya sehingga kita dapat pake mesti tanpa bayar sepeserpun. Dan hal ini kalo kita pikir lebih dalam lagi merupakan salah satu dosa loo... Kenapa?? karena secara gak langsung, kita udah mencuri... mencuri lisensi, mencuri hasil kerja, mencuri hak orang yang buat.. (Hwaa.. kalo gitu aq juga punya banyak dosa ini T.T )

Kalo gak salah, dulu waktu aku lihat-lihat berita. katanya Negara tercinta kita ini merupakan peringkat atas (5 besar) dalam pembajakan software loo... Gak kebayang deh.. Tapi pada kenyataannya memang kita cenderung menggunakan software bajakan. kenapa? karena faktor lingkungan dan pendidikan kayaknya. jujur saja, dulu saya gak ngerti masalah software bajakan atau asli, asalkan saya bisa pakai dan bermanfaat maka akan saya teruskan. dan kalo kini saya pikir-pikir, tindakan itu salah (tapi sampai saat ini, sulit untuk lepas dari kesalahan itu)

Saat kita memakai software yang udah di bajak maka secara gak langsung kita udah mencuri hak si pembuat software. bikin software itu gak mudah loo, butuh waktu dan tentunya pikiran, dan apalagi kalo udah memasuki titik jenuh, rasa-rasanya mau makan orang dah.. dan kita dengan 'tanpa dosa' memakai software itu tnpa ijin. pasti rasanya 'sungguh sangat membahagiakan dunia akhirat itu' :O

Nah.. mungkin itu salah satu alasan teman saya akhirnya melabuhkan masa depannya masa Linux.. hehee. sebenernya pake linux itu enak (bagi yang udah paham, bagi yang belon rasanya stress setengah mati.. kayak gw -___-' ) karena linux open source kita bisa mengembangkan sendiri, banyak banget keuntungannya kalo kita bisa sabar dan terus belajar memahami karakteristik linux. dan tentunya jikalau nanti orang-orang udah merasakan ikatan saat pake linux seperti saat ini yang lebih bisa punya ikatan dengan windows maka mungkin rangkin negara pembajak software kita bisa turun ataupun bebas. yaa semoga saja :D

Hoshiora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates