Minggu, 03 November 2013

Rangkaian Mikrokontroler Atmega8535 adalah rangkaian yang digunakan sebagai pusat pemrosesan data. Pada pembuatan alat berhitung ini kami memanfaatkan mikrokontroler Atmega8535 yang dihubungkan dengan keypad sebagai alat input atau masukan dan LCD sebagai alat output atau keluaran untuk menampilkan data yang ada pada program.

Alat ini sengaja dibuat dengan desain yang sederhana, sehingga memudahkan anak-anak untuk mengoperasikannya. Dengan alat ini diharapkan dapat membantu anak-anak dalam belajar menghitung operasi aritmatika sambil bermain, sehingga anak-anak tidak merasa jenuh dan bosan saat belajar.

Alat dan Bahan yang Digunakan
1 set PC atau Laptop yang sudahberisi program Code Vision
1 buah ISP Downloader AVR
1 buah sistem minimum AVR
1 buah LCD
1 buah Keypad
1 buah kabel printer USB
2 buah kabel pelangi

Prinsip kerja alat ini adalah
1. Program di run/ dijalankan
2. Ketika program dijalankan, maka akan muncul soal perhitungan aritmatika pada LCD. Soal bisa berupa operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian. Sajian soal yang ada pada LCD ini berupa soal pilihan ganda, dimana user dapat langsung memilih jawaban dari pilihan jawaban yang sudah tersedia.
3. Dari soal yang telah ditampilkan pada LCD, user dapat langsung memilih jawaban dengan cara menginputkan jawaban dari keypad.
4. Jika jawaban yang dipilih user “benar”, maka pada LCD akan ditampilkan pernyataaan bahwa jawaban yang dipilih user benar. Sebaliknya, jika jawaban yang dipilih user “salah” maka akan muncul peringatan yang menyatakan jawaban salah.
5. Setelah user memilih jawaban dan mengetahui apakah jawabannya benar atau salah, maka program akan melanjutkan eksekusi dengan menampilkan soal-soal berikutnya.
6. Program terus berjalan mengulang langkah-langkah seperti langkah kerja nomor 2 s .d nomor 5.

untuk diagram blok, flowchart dan koding program, akan di posting lain kali aja, koneksi gag mumpuni saat ini :'(

2 komentar

senang ini anak-anak sepertinya kalau belajarnya menggunakan cara ini

REPLY

Untuk kelanjutannya bisa minta bg??
Pakto.sekiel.rambe@gmail.com

REPLY

Hoshiora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates